Oleh : Siti Asyifa Toharotunnisa
Pada awal tahun 2020, dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebut dengan corona virus yang menyebabkan penyakit COVID-19. Pemerintah Indonesia telah menghimbau untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah indonesia telah membatas kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan secara daring melalui pembelajaran daring
Dengan munculnya pandemi COVID-19 kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah kini menjadi belajar dirumah melalui daring. Pembelajaran daring dilakukan dengan disesuaikan kemampuan masing-maisng sekolah. Belajar daring (online) dapat menggunakan teknologi digital seperti google classroom, rumah belajar, zoom, video converence, dan telepon.
Pada pembelajaran daring, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar.
Pembelajaran daring memiliki beberapa dampak positif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online, padahal Motivasi belajar adalah hal penting dalam proses belajar. Motivasi dalam belajar memimiliki peran untuk menumbuhkan rasa senang, dan semangat untuk belajar.
Oleh karena itu di masa PANDEMI COVID 19 ini orang tua sangat di libatkan sekali agar anak dapat mendapatkan perhatian serta motivasi belajar. Orang tua juga dirumah harus selalu memberikan semangat dan bimbingannya karena anak merasa senang dengan adanya perhatian dari orang tuanya. Kemudian dari pada itu orang tua juga harus memberikan ruangan dan fasilitas yang membuat anak merasa nyaman pada saat belajar. Karena apabila ruangan anak belajar nyaman anak akan semangat dan gembira. Dan sebagai orang tua juga harus memberikan apresiasi kepada anak apabila anak kita dapat menjawab pertanyaan dari guru atau dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Janganlah sebagai orangtua terlalu menekankan kepada anak karena anak akan menjadi takut dan bosan.
Orang tua juga ikut serta membantu agar anak memiliki motivasi dalam belajar meski dilakukan secara daring.Melihat situasi pandemic seperti ini, menyakinkan kepada siswa bahwa motivasi itu sangat penting, sebab adanya motivasi mereka dapat meningkatkan minat belajar untuk menggapai cita-cita mereka.